Jumat, 26 Agustus 2016

Fakta Sejarah Gintama

Oke ,, minna-san aku mo posting lagi nih,,
Tentang Fakta Sejarah Gintama 
Oke , langsung aja ,,,,,

Jepang/Nihon (にほん)
Pada awal abad ke 17, Jepang masih mengadopsi kebijakan tertutup untuk negara mereka, mereka memutuskan hubungan dengan semua negara asing. Pada tahun 1853, armada Amerika Serikat yang dipimpin oleh Laksamana Perry memaksa untuk membuka pintu Jepang, yang menyebabkan modernisasi pada sistem sosial politik Jepang yang pada akhirnya menyebabkan kejatuhan Bakufu. Pemerintahan samurai pun berakhir dengan restorasi pada tahun 1868.
Itu yang terjadi, akan tetapi di Gintama, Amerika Serikat diganti dengan Amanto, yang juga julukan untuk orang-orang asing(selain orang Jepang), dan Bumi dianggap sebagai satu negara bernama Jepang. Sementara, negara-negara yang ada di dunia diganti dengan planet-planet dan galaksi-galaksi.
Sakata Gintoki (坂田銀時)
Namanya berasal diambil dari cerita rakyat Jepang “Kintaro”, yang ketika dewasa memakai nama “Sakata Kintoki”. Kintaro adalah anak yang memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, dia hidup pada saat zaman Heian, beda dengan setingan waktu yang diambil Gintama (zaman Edo). Kintaro dapat berkomunikasi dengan binatang dan dia memiliki banyak teman dari binatang di gunung tempat dia dibesarkan, bahkan, dia dapat bertarung melawan mereka. Setelah kejadian tertentu, dia  menjadi Samurai dan merubah namanya menjadi Sakata Kintoki (坂田公時).
Ketika Kintoki dewasa, dia menjadi samurai dan menjadi pengawal dari Minamoto no Yorimitsu. Dia juga populer akan kemampuannya ketika mengalahkan ‘oni’ Shutendoji yang tinggal di Gunung Oe bersama-sama dengan 3 rekannya (para pengawal Minamoto no Yorimitsu) yang dikenal dengan nama “Shitenno” (empat pemberani).  Akan tetapi, pengarang Gintama, Sorachi-sensei, mengaku jika dia tidak mem-plot Gintoki sebagai keturunannya Kintaro.
Kintaro adalah legenda yang sangat terkenal di Jepang, bahkan ada Anime berjudul “Golden Boy”, yang merujuk pada pada nama “kintaro” itu sendiri. Bahkan, dari zaman Edo, ada permen yang dinamakan Permen Kintaro. Orang Jepang juga menjadikan tradisi untuk mendekorasi kamar anak yang baru lahir pada 5 Mei (hari anak di Jepang) dengan boneka Kintaro, berharap anak mereka akan kuat dan berani seperti Kintaro.
Shimura Shinpachi (志村新八)
Ketika karakter-karakter di Gintama akan dibentuk, Shinpachi sebenarnya akan di-plot untuk menjadi bagian dari Shinsengumi sebagai Nagakura Shinpachi (永倉新八), kapten Shinsengumi unit II. Tapi, dia malah diberi kacamata dan menjadi orang yang memberikan “punch line”. Sementara, nama keluarganya, “Shimura”, diambil dari seorang komedian Jepang, Shimura Ken (志村けん).
 Shinsengumi (真選組)
Shinsengumi berasal dari kata “shinsen” artinya yang baru dipilih dan “gumi” atinya skuad atau grup. Shinsengumi(真選組) yang di Gintama berdasarkan satuan polisi khusus, Shinsengumi(新選組)yang dulunya bernama Mibu Roshigumi, satuan polisi ini bertugas untuk mengatasi para samurai-samurai pemberontak yang melawan kebijakan Bakufu yang memperbolehkan orang asing masuk ke Jepang, yang dikenal dengan mazhab politik “sonno joi”(pertahankan kekaisaran, usir orang asing) . Sorachi-sensei hanya mengganti kanji “shin” (yang artinya “baru”) pada Shinsengumi yang asli menjadi kanji “shin” (yang artinya “benar”) untuk di-adaptasi di Gintama yang menghasilkan ejaan/bunyi yang sama tapi dengan makna berbeda. Beberapa nama dari tokoh Shinsengumi yang asli tetap diadaptasi di Gintama.
Namun, seragam yang dipakai di Gintama sangat jauh berbeda dengan yang aslinya. Beberapa nama masih dipakai dalam Gintama yang berdasar dari tokoh sejarah (orang) aslinya.
Sorachi-sensei memberitahukan nama-nama yang ada di Shinsengumi di Volume 11:
Komandan    : Kondo Isao (近藤勲)                                          Kondo Isami (近藤勇)
Namanya diambil dari Kondo Isami (近藤勇), komandan asli Shinsengumi dan teman dekat Hijikata Toshizo. Kondo juga terkenal karena katana-nya yang hebat dan langka yang bernama “kotetsu”, tapi beberapa ahli sejarah mengatakan kalau miliknya adalah kotetsu palsu. Kondo-Gintama juga memiliki katana tersebut, dia memanggilnya “kotetsu-chan” dan sempat patah sebelum dia sempat melunasi cicilannya (episode 17), dan kemudian, dia membeli Kotetsu Z-II yang mudah sekali (dan secara sengaja) di patahkan oleh Sogo.

Wakil Komandan    : Hijikata Toshiro(土方十四郎)      Hijikata Toshizo (土方歳三)

Namanya diambil dari Hijikata Toshizo (土方歳三), yang bersama-sama dengan Kondo Isami mendirikan Shinsengumi. Dia adalah Wakil Komandan Shinsengumi dan juga dikenal sebagai Iblis dari Shinsengumi. Hijikata dengan ketat menjalankan peraturan yang dibuatnya untuk para anggota Shinsengumi yang dikenal dengan Kyokuchu Hatto (Peraturan/kode etik Shinsengumi) yang mengatur seluruh anggota Shinsengumi, namun, karena itu juga, banyak anggota Shinsengumi yang harus mati melakukan ‘seppuku’.
Kyokuchu Hatto memiliki 5 pasal:
1.      Dilarang melanggar Bushido.
2.      Dilarang meninggalkan Shinsengumi.
3.      Dilarang memperbanyak uang (berbisnis) secara sembunyi-sembunyi/untuk pribadi.
4.      Dilarang ikut campur dalam urusan orang lain.
5.      Dilarang melakukan pertarungan yang bersifat untuk pribadi.
Yang melanggar harus dihukum ‘seppuku’. Selain itu, Shinsengumi juga memiliki peraturan ini:
1.      Jika pemimpin unit mati/terluka parah, semua anggota dari unit tersebut haru bertarung hingga mati di tempat kejadian.
2.      Jika ada pertarungan yang sangat serius(sangat tinggi kemungkinan kehilangan nyawanya), tidak diperbolehkan untuk mengambil badan/mayat orang yang sudah mati, kecuali mayat pemimpin unit.
Kapten:          Gintama                                                                              Tokoh Asli

Unit I    Okita Sogo (沖田総悟)                                                   Okita Soji (沖田総司)
Namanya merujuk pada Okita Soji (沖田総司), kapten unit I Shinsengumi. Soji adalah seorang samurai yang berbakat, atau lebih tepatnya tensai(jenius), dia disebut-sebut sebagai orang yang paling jago menggunakan katana di Shinsengumi. Ada rumor kalau Soji memiliki katana yang terkenal yang dibuat oleh Ichimonji, namanya adalah Kiku-ichimonji. Sogo juga memiliki katana yang menjiplak katana dari Soji, namanya Kiku-ichimonji RX-78.
Unit II  Nagakura Shinshichi (永倉新七)                    Nagakura Shinpachi (永倉新八)
Unit III  Saito Shu (斉藤終)                                                    Saito Hajime (斎藤一)
Unit IV  Sugihara Chuji (杉原忠司)                                Matsubara Chuji (松原忠司)
Unit V   Takeda Kannensai (武田観念斎)                 Takeda Kanryusai (武田観柳斎)
Unit VI   Inoue Genjiro (井上源二郎)                       Inoue Genzaburo (井上源三郎)
Unit VII   Oka Sanjuro (丘三十郎)                                    Tani Sanjuro (谷三十郎)
Unit VIII   Todo Bokosuke (藤堂凹助)                           Todo Heisuke (藤堂平助)
Unit IX    Niki Jiro (二木二郎)                                 Suzuki Mikisaburo (鈴木三木三郎)
Unit X    Harada Unosuke (原田右之助)                 Harada Sanosuke (原田左之助)
Pangkat Inspektur:
Yamazaki Sagaru (山崎 退)                                          Yamazaki Susumu (山崎 烝)
Shinohara Shinnoshin(篠原進の進)                   Shinohara Tainoshin (篠原泰之進)
Yoshimura Oretaro (吉村折太郎)                      Yoshimura Kanichiro (吉村貫一郎)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar